IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN PENGETAHUAN DALAM KONTEKS PERPUSTAKAAN DIGITAL

Authors

  • Nirma Rasyid Universitas Islam Makassar
  • La Ode Rusadi Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59638/jp.v3i5.39

Keywords:

Manajemen Pengetahuan, Pengelolaan Informasi, Perpustakaan Digital

Abstract

Melalui adanya penggunaan teknologi dapat mempermudah kehidupan manusia disegala bidang, termasuk literasi. Hal ini dikarenakan sekarang sudah berkembangnya perpustakaan digital. Namun dengan penerapan perpustakaan digital, tentunya masih jarang tata cara penggunaannya. Maka dari itu, diperlukan sistem manajemen pengetahuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode library research atau kajian kepustakaan, data-data yang diperoleh berasal dari sumber-sumber literatur yang sesuai dengan topik yang dibahas, lalu dianalisis berdasarkan data-data yang telah didapatkan dan dikumpulkan unutk kemudian ditarik kesimpulan. Hasil dan Implikasi penelitian ini yaitu Manajemen pengetahuan sangat penting jika dihubungkan dengan perpustakaan digital, sebab dengan adanya sistem manajemen yang baik maka pustakawan mempunyai keterampilan dalam mengelola perpustakaan dan mampu menciptakan perpustakaan digital yang mudah dari segi pemakaian dan akses. Selain itu juga, dengan adanya sistem manajemen mampu memperbaiki dan menaikan layanan untuk pemustaka. Dalam hal sistem manajemen, tentu pihak perpustakaan harus bekerjasama dengan semua unsur lintas profesi guna mendapatkan pengembangan perpustakaan digital yang sesuai dengan harapan.

References

Adelia, N. (2020). Manajemen Pengetahuan Dalam Perspektif Perpustakaan. Shaut Al-Maktabah Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 12(1), 1–15.

Afrizal. (2019). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagi Disiplin Ilmu. Rajawali Pers.

Anza, F., & Fathmawati, M. (2019). Manajemen In Ajemen Integrasi Sistem Inform Tegrasi Sistem Informasi Perpust Asi Perpustakaan Dilingkungan Universi Dilingkungan Universitas Indonesi As Indonesia Dalam Menuju Am Menuju Perpustakaan Digital. Jurnal Vokasi Indonesia, 7(1), 1–13.

Artawan, P. (2023). Pengantar Ilmu Pendidikan: Teori, Konsep Dan Aplikasinya Di Indonesia. Pt Sonpedia Publishing Indonesia.

Arum, A. P. (2020). Pengembangan Perpustakaan Digital Untuk Mempermudah Akses Informasi. Jurnal Ilmiah, 2(2), 1–9.

Asari, A., & Fahriyah. (2023). Manajemen Perpustakaan Digital. Pt Literasi Nusantara Abadi Group.

Bachtiar, A. C. (2019). Penerapan Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi (Tinjauan Terhadap Perpustakaan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta). Media Informasi, 28(1), 1–13.

Cholik, B. (2022). Implementasi Manajemen Perpustakaan Dalam Peningkatan Sistem Pelayanan Digital. Jm-Tbi: Jurnal Manajemen Dan Tarbiyatul Islam, 3(2), 1–8.

Cyntyawati, N. K. N., Ginting, R. T., & Suhartika. (2023). Strategi Dan Tantangan Preservasi Digital Di Perpustakaan. Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 1–8.

Fahmi, Y. (2013). Implementasi Manajemen Pengetahuan Pada Perpustakaan Stain Padangsidimpuan. Pustakaloka, 5(1), 1–20.

Haryanto. (2018). Inovasi Perpustakaan Sebuah Tantangan Kualitas Layanan Publik. Wineka Media.

Kurniawan, A. (2023). Ilmu Pendidikan. Pt Global Eksekutif Teknologi.

Rusadi, La Ode. “ Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Ilmu dan Pengaruhnya Terhadap Minat Baca Siswa.” Journal Papyrus: Sosial, Humaniora, Perpustakaan dan Informasi, Vol. 1 No. 1 (2022): 1–12

https://papyrusuim.id/index.php/jp/article/view/6

------------. “ Peran Literasi Digital Dalam Proses PembelajaraN.” Journal Papyrus: Sosial, Humaniora, Perpustakaan dan Informasi, Vol. 2 No. 3 (2022): 1–11

https://papyrusuim.id/index.php/jp/article/view/16

Arahad, Aswar, Herman, Rusadi, La Ode. “ Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Makassar.” Jurnal Perkamen : Perpustakaan, Informasi, Sosial, dan Humaniora, Vol. 1 No. 1 (2023): 1–7

https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/perkamen/article/view/679

Lolytasari. (2017). Pengelolaan Tacit Knowledge Dan Explicit Knowledge Pusat Perpustakaan Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. Pustakalola, 9(2), 1–14.

Lucyda, I., & Adawiyah, W. (2017). Manajemen Perpustakaan Digital Perguruan Tinggi Islam: Studi Sistem Manajemen Perpustakaan Digital Universitas Islam Bandung. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 1–12.

Mariyati, Wasliman, & Mudrikah. (2021). Perencanaan Implementasi Manajemen Pengetahuan Di Perpustakaan Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik). Jurnal Manajemen Pendidikan Al-Hadi, 1(2), 1–19.

Mulyadi. (2023). Pengelolaan Otomasi Perpustakaan Berbasis Senayan Library Management System (Slims). Pt Raja Grafindo.

Noprianto, E. (2019). Tantangan Dalam Mewujudkan Perpustakaan Digital. Pustakaloka, 10(1), 1–10.

Nurislaminingsih, R., & Sukaesih. (2021). Manajemen Pengetahuan Dan Perpustakaan: Analisis Tematik Di Google Scholar. Anuva, 5(1), 1–12.

Prabowo, T. T. (2020). Penerapan Manajemen Pengetahuan Dalam Pengelolaan Dokumen Di Perpustakaan Stikes Guna Bangsa. Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan, 13(1), 1–17.

Rahmah, E., Marlini, & Erlianti, G. (2019). Manajemen Perpustakaan Penerapan Tqm Dan Crm. Rajawali Pers.

Saufa, A. F., & Hidayah, N. (2018). Open Access Dan Perpustakaan Digital: Tantangan Perpustakaan Dalam Mengelola Repository Di Perguruan Tinggi. Pustakaloka, 10(1), 1–11.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Alfabeta.

Sumarni, & Lailatur Rahmi. (2018). Perpustakaan Digital “Isu Preservasi Digital” Alasan, Proses Dan Tantangan Ke Depan. Shaut Al-Maktabah Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 10(2), 1–14.

Downloads

Published

2024-01-31