MENJADI PUSTAKAWAN INKLUSIF
DOI:
https://doi.org/10.59638/jp.v3i5.30Keywords:
Inklusi Sosial, Layanan Perpustakaan, Transformasi PerpustakaanAbstract
Dengan adanya kewajiban Perpustakan yang bersifat adil dan tidak diskriminatif, perpustakaan harus memenuhi layanan untuk memudahkan para pengguna perpustakaan disabilitas. Layanan Perpustakaan merupakan hal yang penting, bisa juga dikatakan penunjang untuk membuat seseorang ingin datang di Perpustakaan. Menurut Chaputula dan Mapulunga (2017) mengatakan bahwa perpustakaan harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi tantangan aksesbilitas yang dihadapi oleh penyandang disabilitas ketika menggunakan perpustakaan. Apakah hal tersebut sudah diterapkan di berbagai perpustakaan? dengan melihat fenomena yang ada pengguna perpustakaan di dominasi oleh pemustaka non-disabilitas. Dalam hal tersebut besar kemungkinan bahwa pengguna disabilitas tidak merasa nyaman atau mungkin kesusahan untuk mencari informasi yang diperoleh. Perlu diketahui bahwa jangan memandang fisik dari seseorang, semua memiliki hak yang sama khususnya dalam melakukan pencarian informasi. Dapat diketahui unsur- unsur yang mendukung terwujudnya perpustakaan yang ramah difabel, yaitu dari segi sarana dan prasarana, SDM, dan sosialisasinya.
References
Aziz, Safrudin. (2014). Perpustakaan Ramah Difabel: Mengelola Layanan Informasi bagi Pemustaka Difabel. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Cassner M, Maxecy-Harris C and Anaya T (2011) Differently able: A review of academic li- brary websites for people with disabilities. Behavioral and So- cial Sciences Librarian 30 (1):33-51.
Eskay, Michael dan Chima J.N. (2013). Library and Information Service Delivery for the Blind and Physically Challenged in University of Nigeria Nsukka Library. Journal of European Academic Research , 1(5), p 625-635.
E. Kosasih. (2012). Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus., h.190-191.
Hartono, Materi Pelatihan Dasar Baca Tulis Braille Untuk Orang Tua Anak Tunanetra, (Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pen- didikan, Universitas Negeri Su- rabaya), h.1-2.
Harris, Clare dan Oppenheim, Charles. (2003). The Provision of Library Services for Visually Impaired Students in UK Further Education Libraries in Response to the Special Educational Needs and Disability Act (SENDA). Journal Of Librarianship And Information Science, 35 (4), p 243-257
Kinnel, Margaret dan Creaser, Claire. (2001). A New Outlook?:Services to Visually Impaired People in UK Public Libraries. Journal Of Librarianship And Information Science, 33 (1), p 5-14
Mohammad Efendi. (2009). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan.
Sulistyo Basuki. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hazan, Andi Mudassir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International
Address:
Department of Library and Information Science, Faculty of Literature and Humanies
Makassar Islamic University
Contact Numbers:
La Ode Rusadi (+62 853 9988 0831)
Email:
See our map