UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK-ANAK DI YAYASAN PONDOK PENUAI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.59638/jp.v2i4.22Keywords:
Minat Baca AnakAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bagaimana minat baca anak-anak di Yayasan Pondok Penuai Indonesia dan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat baca. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yaitu mendeskripsikan seperti apa minat baca yang dimiliki anak-anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, triangulasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah minat baca yang rendah disebabkan oleh kurangnya kesadaran akan membaca dari dalam diri anak itu sendiri dan kurangnya dukungan dari lingkungan keluarga, sekolah, bahkan lingkungan masyarakat. Faktor lain seperti dari perpustakaan yang kurang memperhatikan minat baca dan tidak menyediakan kebutuhan pengguna perpustakaan juga dapat membuat minat baca berkurang. Selanjutnya, upaya yang dapat dilakukan adalah para orang tua dapat mengajarkan anak-anaknya untuk terus membaca dan memberikan dukungan serta motivasi. Perpustakaan juga dapat membantu dengan cara menyediakan bahan bacaan yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak, terus menyediakan bahan bacan yang terbaru dan pengadaan koleksi digital, dan memberikan fasilitas yang memadai.
References
Darmono. Perpustakaan Sekolah : Pendekatan Aspek Manajemen Dan Tata Kerja. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2007.
Gunawan, I. Metode Penelitian Kualitatif : Teori Dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Herdiansyah, Haris. Wawancara, Observasi, Dan Focus Groups : Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. Jakarta: Rajawali, 2015.
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.
Mumpuni Atikah, R, and Rizki Umi Nurbaeti. “Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa PGSD.” Jurnal Riset Pedagogik 3, no. 2 (2019): 123–32. https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/35229.
NS, Sutarno. Perpustakaan Dan Masyarakat Edisi Revisi. Jakarta: Sagung Seto, 2006.
NS, Sutarno. Manajemen Perpustakaan : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Sagung Seto, 2006.
Rahma, Nurida Maulidia, Ratih Nur Pratiwi, and Niken Lastiti V A. “Strategi Peningkatan Minat Baca Anak ( Studi Pada Ruang Baca Anak Perpustakaan Umum Dan Arsip Daerah Kota Malang ).” Jurnal Administrasi Publik 3, no. 5 (n.d.): 763–69. http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/862.
Ruslan, and Sri Hayu Wibayanti. “Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa,” 2019, 767–75. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2633/2442.
Sudarsana, Undang. Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.
Sugiyono. Metode Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.
Suwarno, Wiji. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan : Sebuah Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Susi Yuliyani A Susi Yuliyani A, Elizabeth Sri Lestari, Tintien Koerniawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International
Address:
Department of Library and Information Science, Faculty of Literature and Humanies
Makassar Islamic University
Contact Numbers:
La Ode Rusadi (+62 853 9988 0831)
Email:
See our map