ETIKA PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN MINAT KUNJUNG PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN TUNAS MUDA SMP STELLA MATUTINA SALATIGA

Authors

  • yosefa andena Universitas Kristen Satya Wacana
  • Albertus Pramoekti Narendra
  • Anton Hermawan

DOI:

https://doi.org/10.59638/jp.v2i4.19

Keywords:

Kebutuhan informasi, Kode Etik Pustakawan, Perpustakaan, Pemustaka

Abstract

Perpustakaan Tunas Muda SMP Stella Matutina Salatiga mendorong etika pustakawan untuk menaikkan minat kujung terhadap pemustaka yaitu tingkat kepekaan sesorang dalam menjalakan kewajiban sebagai seorang pustakawan, sarana serta prasarana juga mendukung kelancaran pelayanan kepada pemustaka, keterampilan dan pengetahuan menjadi dasar seorang pustakawan yang bisa dilihat dari cara seorang pustakawan mencepai kebutuhan atas informasi kepada pemustaka serta kondisi lingkungan dimana beliau beraktiftias. Kode etik pustakawan menjadi pintu masuk bagi para profesional di bidang perpustakaan dalam menjalankan tugas di tempat kerjanya. Mereka yang berada di dekatnya dapat memberikan saran tingkah laku serta kritik yang dapat membangun etika seorang pustakawan

References

Ali Hasan, N. (2018). Pendidikan Dan Pelatihan Sebagai Uapaya Peningkatan Kinerja Pustakawan. Libria, 10(1), 95–115. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/download/3384/2366

Amalia, D. (2021). Strategi Pustakawan Dalam Pengembangan Layanan Perpustakaan Di Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kota Mataram.

Anugrahini, Wahyu, F. (2012). Pengaruh etika profesi pustakawanterhadapkepuasan pemustakadi layanan sirkulasi upt perpustakaan politeknik negeri Semarang. Ilmu Perpustakaan, 1(1), 1–8.

Carolin, B. T., Hisni, D., Nurholisah, S., Kesehatan, F. I., Jakarta, U. N., Keperawatan, P., Kesehatan, F. I., & Jakarta, U. N. (2023). Faktor yang berkaitan terhadap mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien. 8(1).

Choiriyah, C. (2017). Persepsi Pemustaka Terhadap Pustakawan Dalam Pelayanan Referensi Di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Publication Library and Information Science, 1(2), 1. https://doi.org/10.24269/pls.v1i2.692

Fuentes, M. M. M. (2017). Pengaruh Pengelolaan Manajemen Perpustakaan Terhadap Minat Baca Peserta Didik Di MA. Madani Pao Pao. 1–14.

Junawan, H. (2020). Analisis Pengeloaan Arsip di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 9(1), 37. https://doi.org/10.24036/111392-0934

Kode, D. A. N., & Pustakawan, E. (2022). Studi Tentang Etika Profesi Dan Kode Etik Pustakawan. XIII, 97–111.

Latifah, N. (2018). Perpustakaan Sebagai Sentral Servis Benih (Sumber) Informasi. Nusantara - Journal of Information and Library Studies, 1(2), 129. https://doi.org/10.30999/n-jils.v1i2.369

Mathematics, A. (2016). Analisis Kegiatan Promosi Perpustakaan Sekolah Dan Kaitannya (Penelitian Di SMP Negeri 3 Montasik Aceh Besar). 1–23.

Nur’aini, N. (2018). Etika Pustakawan Dengan Organisasi Profesi Pada Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sleman. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 3(2), 249–256. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jipi/article/view/3042

Nur’aini, N., & Nasution, L. H. (2021). Kode Etik Pustakawan sebagai Aturan Profesional bagi Profesi Pustakawan. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 9(2), 17. https://doi.org/10.24036/113164-0934

Palopo, I. (2022). Minat Kunjung Pembaca Ditinjau dari Desain Interior dan Koleksi Buku di Perpustakaan IAIN Palopo. 8(1), 13–24. https://doi.org/10.14710/lenpust.v8i1.38306

Patricia, C. O. S. (2021). Strategi Tata Kelola Perpustakaan Di Pondok Pesantren Mawaridussalam Batang Kuis Deli Serdang. 3(2), 6.

Pranata, A., & Krismayani, I. (2018). Penerapan Kode Etik Pustakawan Di Upt Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(3), 111–120. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22924

Ramadhani, D. N. (2023). Volume 12 Nomor 1 Tahun 2023 Halaman 162-168 Sistem Pengoalahan Bahan Pustaka Di SD Negeri 34 Pontianak Kota. 12, 162–168. https://doi.org/10.26418/jppk.v12i

Rulyah, S. (2018). Profesi Pustakawan: Tantangan dan Peluang. Jurnal Kepustakawanan Dan Masyarakat Membaca, 34(1), 029–038. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jkdmm/article/view/JKDMMV34N1%2C029-038

Sari, W. E. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Bimbingan Pemustaka Terhadap Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 10, 49–74. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Libraria/article/view/13128

Setiyono, J., & M, M. (2019). Persepsi Pemustaka Terhadap Pengembangan Institutional Repository Di Perpustakaan Isi Surakarta. Publication Library and Information Science, 3(1), 20. https://doi.org/10.24269/pls.v3i1.1576

Wahyuni, D., Amelia2, V., & Latiar, H. (2020). Perilaku pencarian informasi generasi z. Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, Vol 2, No, 21–33. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/Kuttab/article/view/2687/2208

Wibisono, S. (n.d.). Fungsi perpustakaan secara umum. Academia.Edu. https://www.academia.edu/download/70130292/M._Satrio_Wibisono_13040120140040_Komunikasi_Informasi_dikonversi_1_.pdf

Downloads

Published

2023-07-30

Issue

Section

Articles